31 C
Indonesia
Tuesday, August 4, 2020

Inseminasi Buatan Bisa Hasilkan Sapi dengan Bobot 850 Kilogram

Wajib Baca

Kapolri Diminta Tindak Tegas Oknum Polri Yang Terlibat Kasus Novel Baswedan

IDEAtimes.id, Jakarta-  Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) didesak untuk menuntaskan kasus keterlibatan aparat kepolisian dalam kasus penyiraman air keras ke...

Gubernur Apresiasi Capaian UNM Selama 59 Tahun Sebagai Dapur Pendidikan

IDEAtimes.id, Makassar;-  Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, menyampaikan apresiasi kepada Universitas Negeri Makassar (UNM) atas segala...

Antisipasi Kerusakan Hutan dan Banjir, PT Masmindo Diminta Hentikan Operasi

IDEAtimes.id, Luwu;- Perusahaan tambang emas di Latimojong, Kabupaten Luwu, PT Masmindo Dwi Area didesak agar segera ditutup. Pasalnya, selain belum memberikan...

IDEAtimes.id, Sinjai;- Inseminasi Buatan (IB) adalah program budidaya ternak yang tengah dikembangkan untuk memghasilkan sapi ternak dengan berbagai kualitas unggul.

Salah satunya menghasilkan sapi dengan bobot lebih besar serta meningkatkan angka kelahiran secara cepat dan teratur.

Sulsel yang merupakan penyangga pangan nasional mulai mempersiapkan diri sebagai lumbung daging nasional, sebagai usaha mewujudkan program pemerintah pusat untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan internasional kawasan Asia pada 2045.

Sinjai, salah satu dari tiga kabupaten yang menjadi fokus peternakan di Sulsel sejak 2015 mulai menampakkan hasil. Terbukti dengan berbagai program yang dijalankan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah untuk mengoptimalkan peternakan.

Panen sapi hasil inseminasi yang digagas oleh Kementerian Pertanian bersama Pemprov Sulsel dan Pemkab Sinjai pada Kamis, 30 Juli 2020 menampakkan tingginya animo peternak untuk serius dan tekun mengembangkan usaha ternak yang mereka miliki.

Syamsuddin (71 tahun) telah berternak sapi hasil inseminasi sejak tahun 2017. Kata Syamsuddin, bobot sapi yang ia ternak bisa mencapai 850 kilogram.

“(Bobot sapi) bisa sampai 850 kilogram, sapi biasa usia yang sama hanya sampai 100 kilogram,” sebut Syamsuddin saat mengikuti panen sapi inseminasi yang dilaksanakan di Lapangan Sinjai Bersatu, Kabupaten Sinjai.

Pria asal Desa Lamatti Riaja, Kecamatan Bulupoddo Kecamatan, Kabupaten Sinjai ini mengaku dalam satu tahun bisa menjual hingga 50 ekor sapi. Dengan pembeli berasal dari berbagai wilayah, termasuk dari Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

“Satu tahun ada 50 ekor lebih bisa laku, biasa dijual ke Samarinda,” katanya.

Syamsuddin menyebutkan, dengan bobot yang berkali lipat dari sapi biasa, harga jual sapi hasil inseminasi miliknya juga lebih tinggi daripada harga sapi biasa.

“Beda dengan harga sapi biasa, kalau sapi inseminasi biasa usia 3-4 tahun harganya 47 juta lebih, sapi biasa di tahun yang sama cuma sampai 15 juta,” kata dia.

Ia melanjutkan, menjelang Idul Adha tahun ini, ia telah menjual 10 ekor sapi, bahkan, ia menambahkan, ada rekannya sesama peternak yang telah menjual lebih dari 30 ekor sapi khusus untuk kurban.

Syamsuddin berharap, pemerintah tetap memberi bantuan utamanya dengan menambah tenaga inseminator untuk mengembangkan bibit sapi.

Pemprov Sulsel yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi, Abdul Hayat yang mendampingi Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan apresiasi luar biasa atas model peternakan yang dikembangkan Kementerian Pertanian dalam menguatkan stabilitas pangan nasional.

“Pemprov Sulsel sangat apresiasi atas pengembangan peternakan yang ada di Sinjai, ini salah satu model akselerasi untuk Sulsel menjadi wilayah penyangga daging nasional,” ujar Abdul Hayat.

Sementara, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo optimistis, model peternakan melalui inseminasi buatan serta dukungan kepada para peternak mampu memperkecil nilai ekspor dan berdampak signifikan pada perekonomian peternak.(*)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 
- Advertisement -

TerIDEA

Kapolri Diminta Tindak Tegas Oknum Polri Yang Terlibat Kasus Novel Baswedan

IDEAtimes.id, Jakarta-  Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) didesak untuk menuntaskan kasus keterlibatan aparat kepolisian dalam kasus penyiraman air keras ke...

Camat Panakkukang Terkonfirmasi Positif Covid

IDEAtimes.id, Makassar;- Masyarakat Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar heboh dengan pesan yang beredar di grup Whatt'sApp. Pasalnya, pesan tersebut mengatakan jika Camat Panakkukang Muh Thahir Rasyid...

Saddam Al Jihad Mundur Sebagai Ketum PB HMI 2018-2020

IDEAtimes id, Jakarta;- Respiratori Saddam Al Jihad mundur sebagai Ketua Umum PB HMI periode 2018-2020. Saddam mundur...

Selain Sarang Narkoba, Apartemen Vida View Diduga Jadi Tempat Prostitusi Online

IDEAtimes.id, Makassar;- Meski ditengah pandemi Covid-19, praktek prostitusi tetap masih beroperasi. Namun, kali ini para pekerja prostitusi tersebut tidak menawarkan diri secara langsung melainkan melalui...

Sebelum Positif Corona, Menhub Sempat Keliling Sulsel

IDEAtimes.id, Makassar; - Menteri Perhubungan Budi Karya dinyatakan positif dan telah diverifikasi di RSPAD. Pernyataan ini disampaikan...
- Advertisement -

Baca Juga

- Advertisement -