31 C
Indonesia
Friday, October 23, 2020

Kawasan Pulau Lanjukang Jadi Percontohan Pulau Wisata

Wajib Baca

Mobil Ambulance Nasdem Makassar Dibakar Saat Demo UU Ciptaker

IDEAtimes.id, MAKASSAR - Satu mobil ambulance milik partai NasDem menjadi korban oleh pendemo penolak UU Cipta Kerja, jalan A.P...

Demo depan UNM Ricuh, Massa Saling Serang Gunakan Batu, Busur dan Petasan

IDEAtimes.id, MAKASSAR - Bentrokan antara massa penolak UU Ciptaker dan Warga di depan Kampus UNM, Jalan A.P Pettarani tak...

Massa Melawan Menggunakan Batu, Polisi Tembakkan Gas Air Mata

IDEAtimes.id, MAKASSAR - Polisi menembakkan gas air mata ke arah para pendemo di depan kampus UNM Makassar, Kamis, (22/10/2020). Hal...

IDEAtimes.id, Makassar РGubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah dan Penjabat Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin, melakukan kunjungan ke Pulau Lanjukang, Makassar, Sabtu siang, 26 September 2020.

Kunjunganini dilakukan dalam rangka penataan Kawasan Pulau Lanjukang sebagai percontohan pulau wisata di Kota Makassar. Hadir juga pihak dari Telkomsel, PLN dan Pertamina.

Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, mengatakan, Pulau Lanjukang yang indah perlu untuk ditata sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

“Maksud dan tujuan kita di sini, pertama melihat persoalan yang ada di pulau. Pulau Lanjukang ini adalah pulau yang indah. Kita sangat tertarik untuk menata dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat pulau,” kata Nurdin Abdullah.

Ke depan, pemerintah berkolaborasi menghadirkan listrik 24 jam, air bersih, sistem tranportasi, dan jaringan telekomunikasi.

Masyarakat akan diberdayakan dan dilibatkan untuk melakukan pengelolaan, dengan terlebih dahulu dilakukan pelatihan, sehingga masyarakat memiliki keterampilan.

Ia berharap, tujuh pulau di Kota Makassar ini bisa dibangun jaringan listrik, termasuk jaringan listrik bawah laut.

“Jika jaringan listrik bisa kita hidupkan, maka banyak usaha-usaha bisa berkembang,” imbuhnya.

Adapun rencana pembangunan infrastruktur dan fasilitas di pulau ini antara lain, tambatan perahu, pusat informasi, pelataran UKM portabel, ruang komunal, jalan 1,5 km keliling pulau, resort 20 buah, gazebo 50 buah, sport center, kebun warga, lapangan, fasilitas air siap minum (arsinum), genset, ruang produksi warga, dua toilet, Sekolah Jantung Inspirasi, instalasi pengelolaan air bersih (IPA), lampu pedesterian (jalan) 100 titik.

Untuk tahun 2020, Dinas PU Kota Makassar akan membangun dermaga, jalan lingkungan 1,5 km dengan lebar 3 meter, lampu jalan 25 dan gazebo.

Dengan total Anggaran untuk tahun ini Rp 4,2 miliar. Selain itu, pemerintah juga akan melakukan bedah rumah warga.

Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, mengatakan, penataan kawasan pulau ini sebagai percontohan pulau wisata merupakan kolaborasi pemerintah.

“Tentu kita mengucapkan syukur atas inisiasi tersebut. Ini merupakan inisiasi gubernur untuk memperhatikan masyarakat-masyarakat pulau yang memang kalau kita lihat selama ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah,” ujarnya.

Adapun dukungan Telkomsel dengan membangun tower BTS agar masyarakat Lanjukang dan sekitarnya dapat menikmati sinyal telepon selular.

Sedangkan PLN akan menghadirkan jaringan listrik untuk digunakan warga serta mendukung suplai listrik tower yang akan dibangun.

“Kami dari PLN khususnya Makassar, siap mendukung dari apa yang memang sudah direncanakan. Dan pada saat waktunya, genset akan hadir di sini dan Insyaallahnya jaringan dari PLN siap mendukung juga, sehingga masyarakat bisa lebih nyaman dalam kondisi ke depan,” ungkap Manager PLN P3 Makassar Selatan, Raditya Hari Nugraha.

Sementara, pihak Pertamina mendukung sektor UMKM dan juga pendidikan masyarakat pulau.

“Kami melihat potensi Lanjukang luar biasa, kami siap mendukung sektor UMKM dan pendidikan. Survei pertama kami memang banyak yang perlu dibenahi,” kata Manager Communication and CSR MOR VII, Laode Syarifuddin Mursali. (*)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 
- Advertisement -

TerIDEA

Mobil Ambulance Nasdem Makassar Dibakar Saat Demo UU Ciptaker

IDEAtimes.id, MAKASSAR - Satu mobil ambulance milik partai NasDem menjadi korban oleh pendemo penolak UU Cipta Kerja, jalan A.P...

Camat Panakkukang Terkonfirmasi Positif Covid

IDEAtimes.id, Makassar;- Masyarakat Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar heboh dengan pesan yang beredar di grup Whatt'sApp. Pasalnya, pesan tersebut mengatakan jika Camat Panakkukang Muh Thahir Rasyid...

Ikuti Partai, Ini 21 Anggota DPR Asal Sulsel yang Sepakati Pengesahan UU Cipta Kerja

IDEAtimes.id, Makassar - DPR dan Pemerintah telah mengesahkan RUU Cipta Kerja (Cipker) menjadi Undang-Undang. Pengesahan ini dilakukan, Senin, (5/10/2020) lalu yang dimana disetujui 7 Fraksi...

Selain Sarang Narkoba, Apartemen Vida View Diduga Jadi Tempat Prostitusi Online

IDEAtimes.id, Makassar;- Meski ditengah pandemi Covid-19, praktek prostitusi tetap masih beroperasi. Namun, kali ini para pekerja prostitusi tersebut tidak menawarkan diri secara langsung melainkan melalui...

Saddam Al Jihad Mundur Sebagai Ketum PB HMI 2018-2020

IDEAtimes id, Jakarta;- Respiratori Saddam Al Jihad mundur sebagai Ketua Umum PB HMI periode 2018-2020. Saddam mundur...
- Advertisement -

Baca Juga

- Advertisement -