31 C
Indonesia
Rabu, Februari 28, 2024

Kebun Raya Pucak Siap Dijadikan Destinasi Wisata Andalan Sulsel

Wajib Baca

Pj Bupati Muh. Saleh Puji Perkembangan Kabupaten Luwu Dibawah Kepemimpinan Basmin Mattayang

IDEAtimes.id, LUWU - Bupati Luwu Periode 2019-2024, Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, Mpd menyerahkan Jabatan Bupati Luwu kepada Pj Bupati...

Tahun Ini Jokowi Bangun Stadion di Sulsel, Lokasinya di Makassar

IDEAtimes.id, MAKASSAR - Presiden RI Joko Widodo akan membangun stadion di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kabar baik itu diungkapkan langsung...

BIG Percepat Pelaksanaan Penyediaan Peta Dasar Skala Besar Wilayah Darat Sulawesi

IDEAtimes.id, MAKASSAR - Badan Informasi dan Geospasial (BIG) menggelar acara Sosialisasi Pelaksanaan Penyediaan Peta Dasar Skala Besar Wilayah Darat Pulau...

Jokowi Panggil Mendadak Pj Gubernur Sulsel, Bahas Soal Stadion

IDEAtimes.id, MAKASSAR - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, mendapat undangan dari Presiden Joko Widodo, besok, Selasa, 27 Februari...

Pj Bupati Luwu di Hadapan ASN : Santai, Serius Dan Selesaikan

IDEAtimes.id, LUWU - Drs. H. Muh. Saleh, MSi setelah dilantik menjadi Penjabat (Pj) Bupati Luwu untuk pertama kalinya memimpin...

Jokowi Pastikan Program Capres – Cawapres Terpilih Diakomodasi APBN 2025

IDEAtimes.id, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memastikan akan mengakomodir program Capres - Cawapres terpilih di APBN 2025. Hal itu disampaikan...

Dapil IV Pinrang : Golkar Amankan Dua Kursi, Amri Manangkasi dan Harun

IDEAtimes.id, PINRANG - Partai Golkar di Dapil IV Pinrang Duampanua - Cempa berhasil mengamankan dua kursi di Pileg 2024. Kedua...

Penerima BLT di Luwu Akan Dipasangi Stiker Masyarakat Miskin Disetiap Rumah

IDEAtimes.id, LUWU - Pj. Bupati Luwu, Drs. H. Muh. Saleh mengungkapkan wacananya untuk memasang Stiker Masyarakat Miskin disetiap rumah...

Tim Pemenangan Taufan Pawe Tegaskan Tidak Ada Timses Lakukan Money Politik

IDEAtimes.id, PAREPARE - Ketua Tim Pemenangan Caleg DPR RI Taufan Pawe, Baswedan menegaskan, seluruh Tim Sukses Taufan Pawe tidak...

PLN Icon Plus SBU Sulawesi dan IBT Gerak Cepat Pulihkan Layanan Pasca Longsor di Maros

IDEAtimes.id, MAROS - PLN Icon Plus SBU Sulawesi dan IBT mengambil langkah proaktif dalam memulihkan layanan yang terganggu akibat...

Pj Bupati Luwu Pantau Harga Bahan Pokok Di Pasar Rakyat Bajo

IDEAtimes.id, LUWU - Pj. Bupati Luwu, Drs. H. Muh. Saleh, MSi mengawali aktifitasnya di hari kedua berkantor dengan melaksanakan...

Sofha Marwah Bahtiar Bagikan Bantuan untuk Siswa di Maros dan Pangkep

IDEAtimes.id, MAKASSAR – Program PKK Goes to School perdana dilakukan di tahun 2024 ini di Sulawesi Selatan. Penjabat Ketua Tim...

IDEAtimes.id, Makassar;- Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sulsel dan Pemerintah Daerah Kabupaten Maros, melakukan kunjungan ke Kebun Raya Pucak Maros, yang terletak di Desa Pucak dan Desa Tompo Bulu, Kecamatan Tompo Bulu, Kabupaten Maros, Selasa, 2 Juni 2020.

Gubernur menghadirkan OPD dan Pemda agar dapat melakukan orientasi dan juga mengumpulkan ide untuk pengembangan kebun raya ini.

Demikian juga akan melibatkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam pengembangan kawasan konservasi tumbuhan ini.

Kebun Raya Pucak awalnya Taman Safari (zaman Gubernur Zainal Basri Palaguna) yang kemudian dialihfungsikan menjadi kebun raya.

Temanya, konservasi tumbuhan bernilai ekonomi yang diharapkan menjadi pusat penelitian dan pengembangan serta plasma nutfah khususnya endemik Sulawesi.

Pengembangan kebun raya ini merupakan salah satu bagian dari Rencana Tata Ruang Wilayah (RT/RW) Mamminasata yang mengaitkan Kota Makassar, Kabupaten Maros dan Kabupatan Gowa serta Kabupaten Takalar dalam satu wilayah. Diharapkan potensi-potensi wilayah dapat dikembangkan.

“Ini dikembangkan, direncanakan sejak Gubernur Profesor Amiruddin. Terus dilanjutkan oleh Pak Gubernur Zainal Basri Palaguna. Saya pikir ini adalah sebuah kawasan wisata yang sangat strategis, dimana perpaduan ada hutan alam, lingkungannya sangat mendukung dan saya kira tinggal dipoles sedikit, ini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat,” kata Nurdin Abdullah.

Pembenahan kawasan akan dilakukan secepatnya dan diharapkan rampung akhir tahun 2021. Pihak terkait dilibatkan untuk merumuskan rencana-rencana ke depan termasuk pengerjaan yang akan dilakukan.

“Maka kita bertemu dengan beberapa OPD, tentu kita kalau semua bersinergi dan berkolaborasi untuk melengkapi fasilitas yang ada di kebun raya ini akan semakin maju,” sebutnya.

Termasuk dalam mempersiapkan kebun binatang, beberapa satwa Sulsel akan menjadi koleksi. Pengembangan ini akan membuat masyarakat sekitar ikut berkembang dan semakin kreatif.

Pemerintah juga akan mendorong sektor pertanian, penyiapan lahan yang baik, benih yang bagus, pengembangan varietas buah-buahan yang cocok. Sehingga masyarakat sekitar tidak hanya menjadi penonton orang yang datang, tetapi juga mengambil peran, terutama menyajikan kebutuhan wisatawan yang datang ke tempat ini nantinya.

Tumbuhan lokal di kebun raya seluas 120 hektare ini antara lain kayu lokal, yakni kayu arra (Bahasa Makassar), sugimani (jabon putih), manggis hutan, jambu biji, mangga lokal dan kayu manis. Banyak juga dijumpai jenis jenis Ficus (beringin), kelompok mirtaceae (family Jambu-jambuan).

Sedangkan jenis hewan liar yang sering dijumpai, seperti babi hutan, ular sanca, kucing hutan Sulawesi, monyet khas Sulawesi (macaca maura).

Dari Makassar ke lokasi ini berjarak 30 Km dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit.

“Saya meyakini, ini dari Makassar tidak lebih 45 menit, maka kita akan mencoba mempercepat penyempurnaan kebun raya ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel, Muhammad Arafah, menjelaskan, petunjuk yang didapatkan dari gubernur dari kunjungan ini, antara lain menyiapkan marka dan rambu jalan menuju kawasan ini.

“Mempersiapkan paling tidak marka dan rambu menuju ke daerah wisata kita ini. Karena ini diharapkan jadi ikon,” jelas Arafah.

Dukungan infrastruktur, untuk jalan lewat BTP (Makassar) dan Kariango (Maros) hingga Pucak. Dari Kabupaten Gowa juga bisa diakses dari Bu’rung-bu’rung, Kecamatan Pattallassang.

“Coba kita survei hari ini dan besok. Sebelum kita rapat kembali dengan Pak Gubernur. Kita melakukan survei dulu, kemudian kita berikan informasi apa yang dibutuhkan, paling tidak rambu-rambu juga sudah harus jelas,” jelasnya.

Sedangkan, Kepala UPT Kebun Raya Pucak, Zainal Arifin Abidin, mengharapkan kebun raya ini sebagai aset daerah dapat dibangun lebih baik dan bisa memberikan penghasilan bagi pemerintah dan juga masyarakat sekitar. Dimana selama ini tidak tergarap dengan bagus.

Di kawasan ini juga telah dibangun beberapa fasilitas pendukung dari bantuan yang ada seperti Dinas PUTR membangun embun, ada juga penampungan bak air di atas untuk mengantisipasi kekeringan.

“Karena kendala kita di sini juga masalah air dan masalah jalan. Dan Pak Gubernur mengatakan akan membangun jalan untuk tahap awal,” kata Zainal.

Ia berharap, kebun raya ini bisa sejajar dengan Kebun Raya Bogor. Adapun fungsinya sebagai lahan konservasi, penelitian, pengetahuan, jasa lingkungan dan rekreasi. Juga bisa menjadi penampung tanaman langka di Sulsel maupun dari luar wilayah.

“Semoga dengan kehadiran Pak Gubernur, kebun raya ini bisa lebih berkembang lagi, sama dengan kebun raya yang ada di Indonesia. Karena di Sulsel ini ada tiga kebun raya, yakni di Enrekang (Masserempulu), Parepare (Jompie) dan Maros ini. Kalau kita lihat (Kebun Raya Pucak), kita yang masih terbelakang,” ucapnya.

Sebelumnya, juga dilakukan kunjungan ke UPTD Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak di Pucak, Kecamatan Tompo Bulu.

Lokasi ini merupakan tempat pengembangan UPT Pelayanan Inseminasi Buatan dan Produksi Semen (UPT-PIBPS) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Lokasi ini menjadi pusat pengembangan program Sulsel untuk pengembangan ternak. Jumlah sapi yang dikelola sekitar 31 ekor, yang terdiri dari beberapa jenis.

Seperti, sapi Bali ada 18 ekor, kerbau belang tiga ekor, sapi simental, sapi belgian blue berotot. Juga ada kambing dari Australia dan sapi-sapi eksotik. Serta sapi yang merupakan titipan Universitas Hasanuddin.

UPT ini menghasilkan semen atau sperma beku dari jenis yang diternakkan. Serta bekerja sama dengan pusat untuk program nasional, termasuk dengan Kementerian Pertanian. (*)

Top News

Masyarakat Sulsel Diminta Waspada Tiga hari Kedepan, Akan Terjadi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

IDEAtimes.id, MAKASSAR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Sulawesi Selatan mengeluarkan peringatan dini cuaca tiga hari kedepan. Melalui surat yang terbit Senin,...

Innalillahi, Calon Bupati Barru Malkan Amin Meninggal Dunia di Hari Pencoblosan

IDEAtimes.id, BARRU - Calon Bupati Barru H. Malkan Amin meninggal dunia tepat dihari pencoblosan, Kamis, (9/12/2020). Kabar duka ini beredar melalui grup-grup Whatt'sApp, Kamis, (9/12). "Innalillahi wainna ...

Selain Sarang Narkoba, Apartemen Vida View Diduga Jadi Tempat Prostitusi Online

IDEAtimes.id, Makassar;- Meski ditengah pandemi Covid-19, praktek prostitusi tetap masih beroperasi. Namun, kali ini para pekerja prostitusi tersebut tidak menawarkan diri secara langsung melainkan melalui...

Populer

Mengaku Ketagihan, Maria Vania Kasihan dengan Kekasihnya

IDEAtimes.id, HIBURAN - Presenter dan juga selebgram cantik Maria Vania membuat pernyataan mengejutkan terkait hubungan asramanya. Baru-baru ini ia mengaku...

KPU Luwu Utara : Thahar-Rahmat Lolos Tes Kesehatan

IDEAtimes.id, Luwu Utara;- Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara Muhammad Thahar Rum - Rahmat Laguni dinyatakan lolos...

Gubernur Andi Sudirman Raih Penghargaan atas Pelestarian Bahasa Daerah

IDEAtimes.id, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI). Penghargaan...

Makassar, Kota Makan Enak Tapi Tak Meraih Piala Adipura 2022

IDEAtimes.id, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto resmi melaunching branding Makassar Kota Makan Enak. Makassar Kota Makan Enak...

Gubernur Sulsel Larang ASN Mudik

IDEAtimes.id, Makassar;- Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, melarang keras Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mudik jelang...

Empat Organisasi Profesi Jurnalis di Sulsel Bersatu Tolak Diskriminasi Pers

IDEAtimes.id, MAKASSAR - Empat organisasi profesi jurnlalis di Sulawesi Selatan menggelar acara buka puasa bersama puluhan anak panti asuhan...

Terkini

Makassar New Port Telan Investasi Rp5,4 Triliun, Presiden Jokowi: Pelabuhan Terbesar di KTI

IDEAtimes.id, MAKASSAR - Pembangunan Makassar New Port (MNP) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), menelan investasi pemerintah sebesar Rp5,4 triliun. Pelabuhan terbesar di Kawasan Timur...

Tahun Ini Jokowi Bangun Stadion di Sulsel, Lokasinya di Makassar

IDEAtimes.id, MAKASSAR - Presiden RI Joko Widodo akan membangun stadion di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kabar baik itu diungkapkan langsung oleh Pj Gubernur Sulawesi Selatan...

Sofha Marwah Bahtiar Bagikan Bantuan untuk Siswa di Maros dan Pangkep

IDEAtimes.id, MAKASSAR – Program PKK Goes to School perdana dilakukan di tahun 2024 ini di Sulawesi Selatan. Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sofha Marwah...

Baca Juga