31 C
Indonesia
Wednesday, July 8, 2020

Sekolah Kebangsaan dan Profetik Institue Gelar Webinar Nasional, Bahas Pembangunan Papua

Wajib Baca

Pelaku Penghinaan dan Pengancaman Polisi di Toraja Utara Ditangkap

IDEAtimes.id, Makassar;- Pelaku penghinaan dan pengancaman anggota Polres Toraja Utara berhasil ditangkap oleh Resmob Polda Sulsel. Pelaku di amankan di...

Selain Disuruh Copot Kalung Antivirus, Mentan SYL Juga Diminta Tidak Mengurusi Urusan Kemenkes

IDEAtimes.id, Jakarta;- Kementerian Pertanian menggelar Rapat Kerja bersama Komisi IV DPR, Selasa, 7/7/2020. Namun, dalam rapat yang dihadiri oleh Menteri...

PPDB, Gubernur Sulsel: Tidak Ada Lagi Kepala Sekolah Jadi Operator

IDEAtimes.id, Makassar;- Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, tidak ingin proses pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat...

IDEAtimes.id, Makassar;- Sekolah Kebangsaan dan Profetik Institute menggelar Webinar bertemakan “Kemajuan Pembangunan Infrastruktur dan Perhatian Pemerintah terhadap Rakyat Papua dalam Konteks NKRI”, Rabu, 17/6/2020.

Webinar menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya Dekan Fisip Universitas Musamus Merauke, Dr. Fitriani, Wakil Ketua KADIN H. Andi Rukman, Ketua Forum Transportasi antar Perguruan Tinggi Muhammad Isran Ramli dan Pengamat Politik Kebangsaan Arqam Azikin.

Dr Fitriani menjelaskan bahwa pembangunan di Papua terkhusus indeks pembangunan manusia (IPM) senantiasa mengalami peningkatan signifikan tiap tahunnya.

Namun menurutnya, keberadaan masyarakat harus lebih diperhatikan serta informasi setiap kebijakan pun harus di maksimalkan.

“Artinya, intensnya kunjungan Presiden Jokowi ke Papua membawa impact yang nyata serta semakin mempererat hubungan masyarakat Papua dan Presiden.”Jelasnya.

Sementara itu, Waketum Kadin dan Sekjen Gapensi, H. Andi Rukman N Karumpa menekankan pentingnya keterlibatan pemuda Papua dalam pembangunan sendi perekonomian.

Dikatakan Andi Rukman, Infrastruktur yang ada diusahakan menjadi sentra ekonomi terbaru yang diinisiasi oleh pemuda Papua.

“Dengan kata lain, dukungan dan kesempatan pada masyarakat dan pemuda Papua harus dibuka selebar-lebarnya.” Imbuhnya.

Ketua Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT) se-Indonesia, Dr. Eng. Muhammad Isran Ramli menjelaskan bahwa Papua sebagaimana daerah lainnya, memiliki ciri dan karakter yang khas baik geografis maupun budayanya.

Menurutnya, pembangunan papua saat ini sudah dijalur yang tepat sesuai dengan nilai kekhasannya.

“Tinggal bagaimana sektor kesehatan, pendidikan dan pertanian lebih diperhatikan karena sektor ini sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat.” Tuturnya.

Pengamat Politik dan Kebangsaan, Arqam Azikin menegaskan bahwa setiap kebijakan politik pembangunan itu didasarkan atas kebutuhan masyarakat.

Hal itu mutlak dilakukan karena masyarakat adalah elemen penting dari persatuan, soliditas dan kedaulatan bangsa.

“Kalaupun ada perdebatan, adalah hal yang lumrah asalkan perdebatan itu ditujukan bukan untuk memprovokasi tetapi semata untuk menemukan konsensus bersama,” tegas Arqam Azikin.

Webinar ini turut diikuti oleh berbagai elemen masyarakat diantaranya akademisi, aktivis, mahasiswa dan pelajar serta masyarakat umum.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 
- Advertisement -

TerIDEA

Pelaku Penghinaan dan Pengancaman Polisi di Toraja Utara Ditangkap

IDEAtimes.id, Makassar;- Pelaku penghinaan dan pengancaman anggota Polres Toraja Utara berhasil ditangkap oleh Resmob Polda Sulsel. Pelaku di amankan di...

Selain Sarang Narkoba, Apartemen Vida View Diduga Jadi Tempat Prostitusi Online

IDEAtimes.id, Makassar;- Meski ditengah pandemi Covid-19, praktek prostitusi tetap masih beroperasi. Namun, kali ini para pekerja prostitusi tersebut tidak menawarkan diri secara langsung melainkan melalui...

Sebelum Positif Corona, Menhub Sempat Keliling Sulsel

IDEAtimes.id, Makassar; - Menteri Perhubungan Budi Karya dinyatakan positif dan telah diverifikasi di RSPAD. Pernyataan ini disampaikan...

Selain Disuruh Copot Kalung Antivirus, Mentan SYL Juga Diminta Tidak Mengurusi Urusan Kemenkes

IDEAtimes.id, Jakarta;- Kementerian Pertanian menggelar Rapat Kerja bersama Komisi IV DPR, Selasa, 7/7/2020. Namun, dalam rapat yang dihadiri oleh Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo (SYL)...

Gubernur Perintahkan Pj Wali Kota Lawan “Tungguma”

IDEAtimes.id, Makassar;- Pergantian Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar Prof Yusran masih menyisakan tanda tanya. Pasalnya, Prof Yusran yang dilantik oleh Gubernur Sulsel pada 23 Mei...
- Advertisement -

Baca Juga

- Advertisement -