Jumat, Juli 19, 2024

Lima Nama Lolos Lelang Sekda Makassar, Salah Satu Diduga “Orang Dekat” Walkot Danny

spot_img
spot_img
Terkait
spot_img

IDEAtimes.id, MAKASSAR – Lima Kandidat yang lolos lelang jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) untuk posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Makassar kini telah mengikuti asesmen dan penulisan makalah pada Jumat, (28/6/2024) di Kantor Puslatbang KMP LAN.

Para kandidat tersebut adalah lima dari tujuh pendaftar yang dinyatakan lolos tahap administrasi.

Diantaranya, Pj Sekda Makassar sekaligus Kepala Bapenda Firman Hamid Pagarra, Assisten III Irwan Bangsawan, Kepala Kesbangpol Andi Bukti Djufrie, Kadisparekraf Muhammad Roem dan Kadis Pendidikan Muhyiddin.

Dari deretan nama-nama calon Sekda Makassar diatas, ada satu nama menjadi perhatian yakni Firman Hamid Pagarra yang merupakan orang paling terdekat bahkan disebut-sebut orang ‘di badan’ Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto selama ini.

Flashback ke belakang sedikit, sebelum jabatan Firman Hamid Pagarra menjadi Plt Sekda Makassar menggantikan Andi Muh Ansar.

Firman Hamid Pagarra sebelumnya menduduki jabatan strategis sejak dikenal oleh Danny Pomanto sebagai ASN Pemkot Makassar.

Jabatan pria yang akrab disapa Immang Bonk itu pernah sebagai Kabag Humas di Pemkot Makassar.

Setelah itu, karirnya moncor naik sebagai Kepala DPM PTSP Kota Makassar era kotak kosong lalu tidak lama dikembalikan oleh Pj Walikota saat itu menjadi Kabag Humas.

Setelah Danny Pomanto – Fatmawati Rusdi terpilih kembali sebagai Walikota Makassar.

Firman Pagarra pun kembali di dapuk sebagai Kepala Protokoler dan Kehumasan Pemkot Makassar untuk mengatur sejumlah agenda atasannya itu.

Tak lama kemudian, Firman Pagarra lalu di lantik di gedung DPRD Kota Makassar sebagai Plt Sekda menggantikan pendahulunya Andi Muh Ansar yang saat itu memasuki masa purna bakti sebagai pimpinan ASN.

Jauh-jauh sebelum karir Firman Pagarra sebagai Sekda Makassar. Ia pun pernah bertugas sebagai Lurah di salah satu Kecamatan lingkup Pemkot Makassar.

Lalu kemudian, menjadi staf di jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Makassar sebagai staf biasa.

Bagaimana bisa Firman Pagarra Jadi kesayangan Danny Pomanto? Ia pun dikabarkan dapat endorse oleh sejumlah pejabat penting lingkaran Pemkot Makassar untuk menjadi pertimbangan Danny Pomanto menduduki jabatan sebagai Kabag Humas, dan itu terjadi.

Firman Pagarra memimpin bidang kehumasan hingga beberapa tahun lamanya.

Hari-hari berdinas, Firman Pagarra sering ikut dalam setiap agenda penting Danny Pomanto di Kota Makassar.

Bahkan, keluar kota dan juga sampai ke luar negeri dalam agenda bilateral program Pemkot Makassar sejauh ini.

Kegiatan asesmen calon Sekda Makassar kemarin dibuka oleh Asisten I, Muh Yasir.

Dalam sambutannya, Ia mengatakan seleksi ini merupakan bagian dari upaya profesionalisme Pemerintah Kota Makassar untuk memilih Sekda yang paling tepat.

“Semoga melalui proses seleksi yang ketat ini terpilih Sekretaris Daerah yang paling tepat dari seluruh kandidat yang semuanya hebat, sehingga mampu membawa perubahan positif untuk Pemerintah Kota Makassar,” ucapnya.

Sementara itu, Plh Kepala Puslatbang KMP, Sudarmi Narwis, mengatakan proses seleksi dilaksanakan dengan ketat dan sesuai standar prosedur.

“Proses seleksi ini dipastikan berjalan dengan transparansi agar menghasilkan pemimpin yang kompeten dan mampu membawa perubahan signifikan bagi Kota Makassar,” ujarnya.

“Kami berharap seleksi ini dapat menghasilkan pemimpin yang kompeten dan mampu membawa perubahan positif bagi Kota Makassar,” ujarnya.

Ketua Panitia Seleksi Lelang Sekda, Prof Aminuddin Ilmar menambahkan, peserta akan melanjutkan penilaian potensi dan kompetensi pada Jumat dan Sabtu (28-29/6/2024).

“Hasil penulisan makalah dan asesmen akan diumumkan pada Kamis (4/7). Kemudian dilanjutkan presentasi dan wawancara terkait makalah pada 5 dan 6 Juli 2024. Hasil wawancara akan diumumkan pada 9 Juli 2024, dengan pengumuman tiga besar hasil seleksi pada 11 Juli 2024.

Kendati demikian, Prof. Ilmar menyebut jadwal seleksi dapat berubah sewaktu-waktu.

Namun, setiap perubahan akan diumumkan melalui website dan instagram BKPSDM Kota Makassar.

Jika diprediksi, diantara nama-nama calon kuat bakal menduduki Sekda Makassar defenitif yang diikutkan dalam sesi asesmen pun tergolong kuat dan berpengalaman.

Namun, salah satu nama itu adalah orang yang santer disebutkan paling dekat dengan Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto selama ini.

Jika benar lelang jabatan Sekda ini dilakukan secara profesional dan terbuka. Otomatis peluang empat nama yang diatas itu pun bisa terpilih sebagai orang nomor tiga di Pemkot Makassar.

Pertanyaannya, jabatan sekda umumnya mengandung unsur kekuatan politik sebab jabatan itu sebagai kepala TAPD dan perannya sangat penting.

Apakah Danny Pomanto sebagai parnert kerja Firman Pagarra selama ini akan berubah? Tentu jawabannya dari hasil lelang jabatan nantinya.

Diketahui, Firman Hamid Pagarra salah satu lulusan sekolah pemerintahan STPDN (purna praja) dari angkatan 11 juga lulusan dari kampus ternama di Australia.

Akan tetapi, Firman Pagarra punya pendahulu alias seniornya yang kini menjabat di berbagai posisi strategis di Pemkot Makassar.

Ada juga senior Firman Pagarra yang kini tidak dapat jatah atau di parkir sebagai staf biasa. (*)

spot_img
spot_img
spot_img
Terkini

Berani Maju Pilwalkot Parepare, Erat : Saya Hanya Takut kepada Allah

IDEAtimes.is, PAREPARE - Ribuan warga kembali memadati Erat Menyapa. Kali ini, silaturahmi bersama calon Wali Kota Parepare, Erna Rasyid...
Terkait
spot_img
Terkini

Berani Maju Pilwalkot Parepare, Erat : Saya Hanya Takut kepada Allah

IDEAtimes.is, PAREPARE - Ribuan warga kembali memadati Erat Menyapa. Kali ini, silaturahmi bersama calon Wali Kota Parepare, Erna Rasyid...

Berita Lainnya

spot_img