Sabtu, April 20, 2024

Opini : Olahraga Dengan Intensitas Ringan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Terkait
spot_img

IDEAtimes.id, Opini;- Corona Virus atau dikenal dengan Covid 19 kini semakin menjadi momok menakutkan bagi seluruh manusia, namun kita perlu bersyukur sebab sejak lahir kita telah dianugerahi oleh Allah SWT sistem kekebalan dalam tubuh yang disebut sistem Imunitas.

Imun ini yang akan menjadi tameng kita dari segala virus yang masuk dalam tubuh termasuk Corona Virus.

Namun terkadang Sistem Imunitas yang kita miliki mengalami penurunan atau saat-saat tertentu daya tahan tubuh kita melembah sehingga saat itu ketika virus masuk dalam tubuh maka akan dengan mudah kita merasakan efek dari virus itu.

Sehingga penting kiranya kita melakukan aktivitas Olahraga agar kondisi tubuh kira tetap sehat dan imunitas kita dapat meningkat.

Olahraga itu sendiri adalah aktifitas fisik yang teratur dan terukur. Beberapa hal yang harus di perhatikan saat berolahraga guna meningkatkan kekebalan tubuh :

1. Mengetahui Denyut Nadi Maksimal guna memantau kerja jantung

Adapun cara mengetahui DNM dapat dihitung menggunakan rumus 220 – usia. Contoh 220 – usia Andi (20 tahun) = maka DNM maksimal andi adalah 200 detak/ menit. Dengan beban 60% x DNM maka ini akan tegolong intensitas ringan 60% x 200 = 120 detak/ menit. Maka saat berolahraga usahakan memasuki zona latihan yaitu 120 detak permenit

2. Durasi Latihan

Menurut beberapa jurnal aktifitas fisik ringan yaitu 60% dari DNM, dengan lama latihan 20 hingga 30 menit akan meningkatkan daya tahan tubuh. Karena saat berolahraga maka akan terjadi jumlah peningkatan leukosit, limfosit dan neutrofil yang dapat memberikan dampak positif terhadap tubuh serta mempertahankan tubuh dari infeksi penyakit dan virus. Lakukanlah olahraga minimal 3x dalam seminggu.

3. Jangan Stress

Stress akan mengaktifkan hormon glukokortikoid dan kortisol yang memicu reaksi anti-inflammatory dalam sistem immun yang dapat menurunkan kondisi psikologi dan menurunkan kondisi kesehatan seseorang.

4. Gangguan Tidur

Gangguan tidur dapat melemahkan sistem immun karena darah mengandung penurunan NKC (Natural Killer Cell). NKC adalah bagian dai sistem immun tubuh, jika kadarnya menurun maka akan melemahkan imunitas sehingga rentan terhadap penyakit.

Penulis: Sugiharto

Kandidat Doktor Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Jakarta

spot_img
Terkini

Jabal Nur Minta ASN Pemkot Makassar Netral Jelang Pilwalkot – Pilgub 

IDEAtimes.id, MAKASSAR - Politisi PAN Jabal Nur meminta seluruh ASN Pemerintah Kota Makassar netral jelang Pilwalkot 2024. Pernyataan itu dilontarkan...
Terkait

IDEAtimes.id, Opini;- Corona Virus atau dikenal dengan Covid 19 kini semakin menjadi momok menakutkan bagi seluruh manusia, namun kita perlu bersyukur sebab sejak lahir kita telah dianugerahi oleh Allah SWT sistem kekebalan dalam tubuh yang disebut sistem Imunitas.

Imun ini yang akan menjadi tameng kita dari segala virus yang masuk dalam tubuh termasuk Corona Virus.

Namun terkadang Sistem Imunitas yang kita miliki mengalami penurunan atau saat-saat tertentu daya tahan tubuh kita melembah sehingga saat itu ketika virus masuk dalam tubuh maka akan dengan mudah kita merasakan efek dari virus itu.

Sehingga penting kiranya kita melakukan aktivitas Olahraga agar kondisi tubuh kira tetap sehat dan imunitas kita dapat meningkat.

Olahraga itu sendiri adalah aktifitas fisik yang teratur dan terukur. Beberapa hal yang harus di perhatikan saat berolahraga guna meningkatkan kekebalan tubuh :

1. Mengetahui Denyut Nadi Maksimal guna memantau kerja jantung

Adapun cara mengetahui DNM dapat dihitung menggunakan rumus 220 – usia. Contoh 220 – usia Andi (20 tahun) = maka DNM maksimal andi adalah 200 detak/ menit. Dengan beban 60% x DNM maka ini akan tegolong intensitas ringan 60% x 200 = 120 detak/ menit. Maka saat berolahraga usahakan memasuki zona latihan yaitu 120 detak permenit

2. Durasi Latihan

Menurut beberapa jurnal aktifitas fisik ringan yaitu 60% dari DNM, dengan lama latihan 20 hingga 30 menit akan meningkatkan daya tahan tubuh. Karena saat berolahraga maka akan terjadi jumlah peningkatan leukosit, limfosit dan neutrofil yang dapat memberikan dampak positif terhadap tubuh serta mempertahankan tubuh dari infeksi penyakit dan virus. Lakukanlah olahraga minimal 3x dalam seminggu.

3. Jangan Stress

Stress akan mengaktifkan hormon glukokortikoid dan kortisol yang memicu reaksi anti-inflammatory dalam sistem immun yang dapat menurunkan kondisi psikologi dan menurunkan kondisi kesehatan seseorang.

4. Gangguan Tidur

Gangguan tidur dapat melemahkan sistem immun karena darah mengandung penurunan NKC (Natural Killer Cell). NKC adalah bagian dai sistem immun tubuh, jika kadarnya menurun maka akan melemahkan imunitas sehingga rentan terhadap penyakit.

Penulis: Sugiharto

Kandidat Doktor Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Jakarta

spot_img
Terkini

Jabal Nur Minta ASN Pemkot Makassar Netral Jelang Pilwalkot – Pilgub 

IDEAtimes.id, MAKASSAR - Politisi PAN Jabal Nur meminta seluruh ASN Pemerintah Kota Makassar netral jelang Pilwalkot 2024. Pernyataan itu dilontarkan...

Berita Lainnya

spot_img